Press "Enter" to skip to content

Apa itu SSL dan Cara Memasangnya dengan Mudah dan Praktis tapi Aman

Mas Paminto 0

Masalah SSL wajib diketahui oleh para webmaster dan administrator web karena ini masalah sangat penting. Kami akan memberikan gambaran SSL dan Cara Memasangnya dengan sebenarnya dan bagaimana cara menggunakannya.

Menurut digicert ssl is keys work together to establish an encrypted connection. The certificate also contains what is called the “subject,” which is the identity of the certificate/website owner.

Gambaran Umum

Sertifikat SSL adalah file data kecil yang secara digital mengikat kunci kriptografi ke detail organisasi. Ketika diinstal pada server web, ini mengaktifkan gembok dan protokol https (melalui port 443) dan memungkinkan koneksi yang aman dari server web ke browser. Biasanya, SSL digunakan untuk mengamankan transaksi kartu kredit, transfer data dan login, dan baru-baru ini menjadi norma ketika mengamankan penjelajahan situs media sosial.

Jadi sangatlah penting bagai kita semua untuk mengetahui dan mempraktekan ilmu pengetahuan tentang apa itu SSL dan Cara Memasangnya

Apa Saja Yang Terkait SSL

Sertifikat SSL terikat bersama:

Nama domain, nama server atau nama host.
Identitas organisasi (yaitu nama perusahaan) dan lokasi.

Fungsi SSL

apa-itu-ssl-dan-bagaimana-menggunakannya2

Organisasi harus menginstal Sertifikat SSL ke server webnya untuk memulai sesi aman dengan browser. Tergantung pada jenis Sertifikat SSL yang diterapkan, organisasi harus melalui berbagai tingkat pemeriksaan. Setelah diinstal, dimungkinkan untuk terhubung ke situs web melalui https : //www.domain.com, karena ini memberitahu server untuk membuat koneksi yang aman dengan browser. Setelah koneksi aman dibuat, semua lalu lintas web antara server web dan browser web akan aman.

Setiap kali browser terhubung ke server web (situs web) menggunakan SSL, komunikasi akan dienkripsi dan aman. Ini biasanya ditunjukkan oleh tampilan kunci di bagian bawah browser web Anda. Untuk mendapatkan SSL untuk situs web Anda, pertama-tama Anda memerlukan Sertifikat SSL.

Sertifikat SSL Anda diinstal ke server web Anda dan memungkinkan Anda untuk mengakses fungsionalitas keamanan server web Anda, dan pada akhirnya membuat pelanggan Anda tahu bahwa situs Anda aman.

SSL (Secure Sockets Layer) adalah teknologi keamanan yang biasa digunakan untuk mengamankan transaksi server ke browser. Ini biasanya mencakup pengamanan informasi yang diteruskan oleh browser (seperti nomor kartu kredit atau kata sandi pelanggan) ke server web (seperti toko online atau aplikasi perbankan online).SSL melindungi data yang dikirimkan melalui Internet agar tidak dicegat dan dilihat oleh penerima yang tidak diinginkan.

Cara SSL digunakan:

  • Untuk mengamankan transaksi kartu kredit online;
  • Untuk mengamankan login sistem dan informasi sensitif apa pun yang dipertukarkan secara online;
  • Untuk mengamankan webmail dan aplikasi seperti Outlook Web Access, Exchange dan Office Communications Server;
  • Untuk mengamankan alur kerja dan aplikasi virtualisasi seperti Platform Pengiriman Citrix atau platform komputasi berbasis cloud;
  • Untuk mengamankan koneksi antara klien email seperti Microsoft Outlook dan server email seperti Microsoft Exchange;
  • Untuk mengamankan transfer file melalui https dan layanan FTP, seperti pemilik situs web yang memperbarui halaman baru ke situs web mereka atau mentransfer file besar;
  • Untuk mengamankan login panel kontrol dan aktivitas seperti Parallels, cPanel, dan lainnya;
  • Untuk mengamankan lalu lintas berbasis intranet seperti jaringan internal, berbagi file, ekstranet, dan koneksi basis data;
  • Untuk mengamankan login jaringan dan lalu lintas jaringan lainnya dengan SSL VPN seperti Server Akses VPN atau aplikasi seperti Citrix Access Gateway.

Semua aplikasi ini memiliki sejumlah tema bersama:

Data yang dikirim melalui Internet atau jaringan membutuhkan kerahasiaan. Dengan kata lain, orang tidak ingin nomor kartu kredit, login akun, kata sandi, atau informasi pribadi mereka terungkap melalui Internet.

Data harus tetap integral, yang berarti bahwa setelah rincian kartu kredit dan jumlah yang akan dibebankan ke kartu kredit telah dikirim, seorang hacker yang duduk di tengah tidak dapat mengubah jumlah yang akan dibebankan dan ke mana dana harus pergi.

Organisasi Anda membutuhkan jaminan identitas untuk mengautentikasi diri kepada pelanggan / pengguna ekstranet dan memastikan mereka berurusan dengan organisasi yang tepat.

Organisasi Anda perlu mematuhi peraturan regional, nasional atau internasional tentang privasi data, keamanan, dan integritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *